Pemko Banjarmasin Ikuti Best Practice Smart City Kota Semarang | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Rabu, 01 Maret 2023

Pemko Banjarmasin Ikuti Best Practice Smart City Kota Semarang

BERITABANJARMASIN.COM - Selain pembahasan optimalisasi Pendapatan Asli Daerah, Pemko Banjarmasin juga melaksanakan studi tiru soal pelaksanaan Smart City Pemko Semarang pada kunjungan kerja yang berlangsung di Situation Room Balaikota Semarang, Senin 27/02/2023.

Rombongan Pemerintah Kota Banjarmasin yang dipimpin oleh Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Banjarmasin, Windiasti Kartika, S.T, M.T itu disambut langsung oleh Kepala Dinas Komunikasi Informatika Kota Semarang, Soenarto S.Kom, M.M.

"Jadi ini yang pertama sebuah kebanggaan tersendiri bagi Kota Semarang menerima tamu dari Banjarmasin, yang mana kami sudah banyak cukup mendengar Banjarmasin ini terkait Smart City terkait pengelolaan keuangan kami cukup baik mendengar bahwa disana juga cukup maju," kata Soenarto usai kegiatan kunker.

Hal demikian membuat Soenarto menilai kunker tersebut bermakna forum sharing, forum berbagi arahan dari pusat, "Bagaimana kita bisa berbagi baik dari segi pengalaman, maupun kebijakan yang dimiliki masing-masing daerah seperti itu," ucapnya.

Soenarto memaparkan, tentunya pertemuan tadi, merupakan kegiatan berbagi, baik dari sisi smart city yang mana Pemerintah Kota Semarang sudah sampai penerapan cctv itu sampai ke RT dan RW yang jumlahnya sudah sampai 10.000 titik.

"Nah ini tentu kalo dari judulnya mungkin sederhana tapi bagaimana mengawali itu sampai menjalani, sampai bisa efektif penggunaannya bahkan sampai bisa memancing motivasi masyarakat untuk justru setidaknya merawat daerah nya itu, tentu ini menjadi poin yang bisa diambil oleh Banjarmasin yang mana disana sudah ada tapi belum banyak bahkan sampai pemeliharaannya," sambung Soenarto.

Sementara itu, Windi mengungkapkan Pemko Banjarmasin sudah memetik hasil apa saja dari diskusi pada saat studi tiru ke Pemerintah Kota Semarang yang kata kunci dari pertemuan tadi adalah inovasi.

"Iya tadi seperti yang sudah saya sampaikan, ada inovasi, ada best practice dari Kota Semarang yang kita contoh di Kota Banjarmasin, termasuk untuk memperbanyak cctv di Kota Banjarmasin, sebab di era sekarang ini memang cctv itu salah satu keharusan dalam rangka menjaga keamanan ketertiban di masyarakat," ucap Windi.

"Sehingga kondisi-kondisi lingkungan bisa lebih terpantau terpilihara jadi misalnya ada tindakan kriminal atau apa bisa kita tindak lanjuti, dan ada bukti-buktinya apabila direkam di cctv, semoga kita bisa lah meniru kota Semarang agar bisa lebih baik lagi sekarang," tutupnya. (Diskominfotik - Bjm)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner